Skip to content

Solo Traveller Holidays From Bandung To Bali

Okay, kali ini gue mau posting tentang perjalanan solo traveller holidays gue waktu itu dari Bandung ke Bali ala backpackeran. Cerita ini emang udah lama sih, tapi gpplah ya dibikin postingannya.. hehehe..

Biar aura single traveller holidays nya kerasa gue ambil jalur darat via kereta api nih.. Rutenya kayak gini: Kircon – Kutoarjo – Yogya – Surabaya – Bali

Gue berangkat tanggal 27 Desember 2015, naek kereta Kutojaya Selatan dari Stasiun Kiaracondong tujuan Kutoarjo. Tadinya gue mau langsung ambil tujuan Yogyakarta tapi karena udah penuh jadi mau ga  mau kudu transit dulu di Kutoarjo deh.

Jam 7 malem gue berangkat dari rumah sambil bawa keril 55L, mayan berat nih hahaha.. Apalagi gue milih jalan kaki dulu ke arah Alun-alun Bandung, biar naek angkotnya sekali (ngirit ongkos gitu..hahaha). Nah sampe di Alun-alun banyak banget orang disitu.. ada yang selfie-selfiean, maen bola, kongkow-kongkow, sampe pacaran disitu.. komplit pokoknya mah hahaha..

Di deket situ banyak angkot ngetem, salah satunya angkot merah Elang-Cicadas. Langsung gue tanya ke si abang sopir, “Kircon, A?” “Kircon Kircon..” jawab si abang sopirnya (ga penting banget ya).

Nyampe juga akhirnya di Stasiun Kircon jam 8an, langsung deh gue ke tempat buat ngeprint tiketnya. Abis ngeprint terus ikut ngantri masuk, soalnya keretanya berangkat jam 9.. jadi kudu udah masuk biar ga ketinggalan nanti..

Oiya untuk perbekalan yang gue bawa waktu solo traveller holidays ini kurang lebih kaya di foto ini ya:

solo traveller holidays packing buat backpakeran

Nah itu Kratingdaeng-nya gue minum 1 pas udah masuk ke dalam peron, soalnya cape banget perjalanan tadi gendong-gendong keril gede. Lumayan dah jadi seger..

Okay next.. Gue masuk dong ke gerbong kereta, dan udah ada orang duduk di sebelah kursi gue. Terus gue tanya-tanya aja dia.. ngobrol biasa basa-basi-baso doang hahaha.. Gue kira dia solo traveller juga soalnya sendirian, eh ga tau nya cuma mau mudik doang..

Gue merem sambil denger musik pake earphone.. hening.. .. next..

***

Kereta berhenti di Stasiun Kutoarjo jam setengah 5 pagi. Buru-buru gue langsung turun, jalan ke loket buat beli tiket Prameks (Prambanan Ekspres), cuma ada 2 tujuan Solo sama Jogja aja (fyi. Kutoarjo masih berada di kabupaten Purworejo). Disitu udah ngantri lumayan panjang, kalau ga kebagian tiketnya kudu ngantri lagi buat keberangkatan selanjutnya.. kebayang dong capenya.. hahaha..

Gue kebagian juga tiketnya nih seharga 8ribu rupiah. Kereta Prameks berangkat jam 6.15, jadi masih ada waktu buat istirahat dulu.

Kereta datang dan udah bejubel di dalam, akhirnya gue kebagian berdiri dong.. Setelah sejam lebih dikit akhirnya sampe juga di Stasiun Jogjakarta.

Tadinya pengen mandi di WC stasiun, tapi kayaknya ga bisa deh soalnya penuh  dan ada yang jaganya pula.. hahaha.. Akhirnya coba deh ke Laundry 31 (pemiliknya baik loh..promosi hahaha) tempat nginep di daerah Sosrowijayan ga kalah sama hotel di Jogja deh. Oiya sebelumnya gue udah beli 2 brownies panggang KartikaSari di Bandung (harga @50ribu), jadi gue kasihin 1 aja ke si bapak, sambil gue minta ijin mau ikut mandi disitu.

Beruntung masih ada kamar kosong jadi bisa dipake kamar mandinya. Seabis mandi eh gue dibikinin kopi.. jadi enak dong..hihihi.. Ngobrol-ngobrol bentar terus gue nitip tas kerilnya disitu deh, soalnya mau jalan-jalan dulu sambil ngabisin waktu.

Jogja pas hari itu panas banget loh, ga kayak biasanya. Whew!

Perjalanan solo traveller holidays gue mulai ke arah Tugu, emang dari dulu belom sempet liat Tugu ciri khas Kota Jogjakarta ini. Gue jalan kaki ada sekitar setengah jam. Akhirnya ketemu juga Tugu-nya, tapi gue lupa bawa tongsisnya ketinggalan di keril.. jadi ga bisa selfie ala-ala deh..

solo traveller holidays di tugu jogja

Abis dari Tugu langsung cari makan buat ngisi perut.. bingung cari yang murah makanan apa ya? Gue jalan terus sampe Margo Mulyo yang ada Benteng-benteng gitu, jadinya beli bakso aja deh.. yang di pinggir jalan itu loh.. Harga 15rb sama es teh manis.. cuma rasanya kurang dari enak hahaha..

Liat jam di tangan kok masih pagi ya.. sekitar jam 10-11 siang kalau ga salah.. Waduh kemana lagi ya? Gini nih kalau solo traveller suka bingung mau kemana. Yauda gue puterin tuh Benteng-benteng sampe ketemu Taman Pintar Yogyakarta, pengen tau gue coba masuk deh.. eh kok anak-anak semua ya.. Akhirnya gue cuma duduk-duduk bentar doang di luar, sambil ngadem kebetulan ada pipa yang nyemprotin air kecil gitu.. sueger hahaha..

solo traveller holidays di taman pintar yogyakarta

Lanjut perjalanan yang ga jelas dan akhirnya gue masuk ke Mall Malioboro, jam sekitar 1 siang. Bingung mau makan apa nih.. ah udah aja makan di Pizza Hut (jauh-jauh ke Jogja makannya pizza hahaha). Gue pesen personal pan meat lovers sama yakult lemonade.

Karena waktu masih lama, jadi gue keliling lagi ke Sosrowijayan bingung mau ngapain.. jadinya mampir deh ke Cafe JabaJero (meni Sunda pisan). Disitu gue cuma pesen bir aja deh, biar adem dikit lah.

Sekitar jam 3an gue cabut dari situ terus ke Laundry 31 buat ngambil keril. Bingung soalnya mau ngapain lagi..mana kereta berangkatnya jam 8 malem ke Surabaya. Pamitan deh sama ibu dan bapak Laundry 31, langsung gue jalan kaki lagi ke Stasiun Lempuyangan.

Bawa keril 55L panas terik rasanya mau pingsan banget. Gue istirahat dulu jadinya di pos ronda sambil melepas dahaga pake pocari yang gue bawa-bawa dari Bandung hehehe..

Sampe di Stasiun Lempuyangan gue print deh tiketnya terus nunggu sambil lesehan diluar. Ada kali 3 jam nunggu disitu sambil ngantuk-ngantuk.

Sebelum naek kereta, gue sempetin makan dulu di warung di dalem peron. Yah murah meriah lah yang penting kenyang hahaha..

Kereta datang.. .. kereta berangkat.. .. next..

***

Jam setengah 1 malem kereta sudah sampe di Stasiun Gubeng, Kota Surabaya. Karena masih gelap jadi gue tiduran dulu di area tunggu di stasiun. Gue ga nginep di hotel surabaya soalnya nanggung banget, kan cuma transit doang di sby mah.

Udah agak terang sekitar jam 5an, gue tanya ke penjaga WC disitu, “Pak, kalau WC yang bisa buat mandi dimana ya?” eh malah dia jawab, “Disini ga bisa buat mandi!” Yey..jelas-jelas gue juga tau kali kalau itu mah..

Lanjut deh gue jalan lewat Dr.Mustopo sambil liat GoogleMaps, akhirnya nemu SPBU Tampak Siring di jalan Indrakila. Langsung gue mandi disitu biarpun airnya bau minyak tanah hahaha..

Di Surabaya ini lebih cape dibanding di Jogja soalnya gue gendong keril terus kemana-mana. Tujuan pertama liat Tugu Pahlawan dulu, terus nanti lanjut ke House of Sampoerna.

solo traveller holidays di tugu pahlawan

solo traveller holidays di patung soekarno hatta

Seabis foto-foto di Tugu Pahlawan langsung menuju ke House of Sampoerna. HOS ini semacam museum dari sejarah pabrik rokok Sampoerna, masuknya gratis loh. Bisa naek bisnya buat keliling-keliling..cuma kudu ngantri hehehe..

solo traveller holidays di house of sampoerna

solo traveller holidays di house of sampoerna 2

Keluar dari HOS paling jam setengah 10an, langsung jalan lagi.. ga tau mau kemana, badan udah mulai lelah, kaki lecet-lecet, perut laper juga. Jalan kesana kesini sekitar 2 jam an, akhirnya gue nyampe ke Grand City Mall, kebetulan deket sama Stasiun Gubeng.

Lagi ada pameran Doraemon ternyata nih.. foto dulu ah buat bukti.. hahaha..

solo traveller holidays di grand city ada doraemon

Sampe sore gue disitu, eh pas mau ke keluar mall malah ujan gede banget. Sekitar jam 8 baru reda, gue lanjut ke Stasiun Gubeng buat naek kereta Mutiara Timur Malam tujuan Denpasar. Karena kereta nya berangkat jam 10 malem, gue bisa tidur-tiduran dulu deh.. dan bener aja gue ketiduran.. hahaha..

Tapi untung gue bisa kebangun pas jam 9an, langsung deh gue masuk ke dalem peron. Nah kali ini kereta yang gue pake tipe bisnis jadi agak enakan tempat duduknya hehehe.. Kereta ini nanti turunnya di Banyuwangi terus disambung lagi pake bus Damri sampe ke Denpasar. Agak mahal tiketnya sih.. gue beli yang 250ribu..

Ga berapa lama kereta datang, gue langsung naek.. Kira-kira jam 4 pagi kereta berhenti di Stasiun BanyuwangiBaru. Penumpang langsung disuruh pindah ke bus Damri yang udah ready diluar Stasiun. Padahal banyak wisata Banyuwangi yang bisa gue kunjungin kalau waktunya ga mepet sih, kayak Kawah Ijen.

Bus langsung berangkat ke pelabuhan Ketapang yang jaraknya deket banget, gue sama penumpang yang laen nunggu beberapa menit terus masuk bus itu ke dalem kapal feri.

Suasana di dalem kapal ferinya rame, banyak yang dagang hahaha.. Perjalanan ke Pelabuhan Gilimanuk cepet juga cuma sekitar setengah jam. Sambil gue nunggu sambil foto-foto laut..

solo traveller holidays di kapal feri ketapang gilimanuk

Yeay! Welcome to Bali.. Solo Traveller Holidays!

Keluar dari pelabuhan Gilimanuk si bus langsung meluncur ke arah Denpasar, ada 1 kali berhenti buat istirahat sih. Kurang lebih jam 1 siang gue turun di depan terminal Ubung. Jalan ke perempatan Gatot Subroto tepatnya di deket HokiBank, nah disitu gue pesen Gojek biar ga bentrok sama ojek pangkalan daerah Ubung..

Hari pertama gue di Bali nginep di QB Sleep Capsule Hotel nih daerah Kuta Galleria, kenapa gue milih disitu? Karena gue pengen nyobain tidur didalem kapsul kayak di Jepang sono hahaha.. Hotel ini mungkin salah satu dari best places to stay in Bali yang mengusung tema kapsul.

solo traveller holidays di kamar qb capsule

Nah keliatan kan tuh gimana bentuknya? Mayan buat solo traveller holidays mah sekedar tidur istirahat. Harganya permalam sekitar 100ribuan, gue nginep disitu buat 2 malem.

Malem harinya gue langsung cari makan daerah situ, cek di Google Maps ada Ayam Betutu Gilimanuk. Gue pesen setengah ayamnya.. wah banyak banget ternyata setengah itu hahaha.. Harganya 65ribuan. Seabis makan gue balik tidur deh.

Besoknya gue rencana mau eksplor daerah utara, dan jam 7an pagi motor sewaan gue udah dateng. Gue nyewa di agan Ferry IchiRent, seminggu cuma 400ribu hehehe..

Tujuan pertama yaitu ke Mengwi Taman Ayun, gue nyalain waze dan langsung meluncur kesana. Agak lumayan susah nyarinya.. maklum baru pertama nih pake waze. Gue parkirin motor di depan, terus gue masuk dan kudu bayar tiketnya 10ribu.

solo traveller holidays di mengwi taman ayun

solo traveller holidays di mengwi taman ayun 2

Abis dari situ langsung meluncur lagi ke atas ke Kebun Raya Eka Karya Bali. Gue cuma bentar disana soalnya ujan dan gue keujanan dong.. hahaha.. Yang bisa gue foto cuma ini doang.. Tiket masuk 10ribu.

solo traveller holidays di kebun raya eka karya bali

Lanjut ke Pura Ulundanu dan Danau Beratan, deket situ soalnya.. Tiket masuknya juga 10ribu, banyak banget turis-turis yang kesitu.. jadi mau jepret foto banyak kehalangan orang-orang deh..

solo traveller holidays di pura ulundanu beratan

solo traveller holidays di danau beratan

Next.. Gue balik ke hotel aja lah laper soalnya.. sambil cari makan dulu. Di deket hotel ada BPK Pancur Siwah, jadinya gue pesen babi panggang sama bir bintang (kena 62ribu deh). Oiya karena hari ini tanggal 31 Desember bakalan rame pesta taun baru. Jadi gue rencana mau ke pantai Kuta pengen liat kembang api disana.

Dan bener aja jam 11 malem jalanan udah rame dan motor udah ga bisa lewat, jadi gue kudu jalan kaki deh ke pantai Kuta-nya. Seru banget cafe-cafe di daerah situ, pada mabok terus joget-joget hahaha..

Tepat jam 12 malem.. teng.. duarr.. duarr…

solo traveller holidays di kuta new year eve 2016

solo traveller holidays kuta new year eve 2016 2

Karena semakin padet orang-orang yang datang ke pantai jadi gue mutusin buat balik aja ke hotel. Baliknya juga jalan kaki lagi dan kaki ampir copot rasanya.. hahaha..

Happy New Year 2016 to All Solo Traveller Holidays!

Besok paginya gue harus beres-beres buat checkout hotel dan pindah ke daerah Ubud. Gue cabut sekitar jam 12 siang, langsung meluncur ke Friendly House Bali, Jl. Cok Rai Pudak. Di jalan pas tinggal beberapa meter lagi tiba-tiba waze gue kok diem ga ngasih petunjuk lagi. Gue cek ternyata mati HP gue, abis baterenya. Waduh bingung juga tuh.. mana gue ga hapal nama tempat nginepnya sama alamatnya juga.

Akhirnya nyala lagi setelah gue colokin ke powerbank beberapa menitan. Lanjutin perjalanan akhirnya nyampe juga ke Friendly House Bali salah satu homestay murah di Bali. Suasananya nyaman dan sepi.., pas gue tanya ke si mbak penjaga, “Sepi yah mbak?” “Iya mas, tadi pagi bule-bulenya baru pada checkout semua.” jawab mbak itu. Yah, udah deh gue jadi sendirian disitu.. tadinya gue pikir bakal dapat temen sekamar soalnya model dorm gitu kamarnya.

Seabis gue mandi, gue jalan lagi karena hari masih cukup terang. Jadi gue mutusin ke Desa Penglipuran, pernah liat di TV soalnya, jadi pengen tau deh.

solo traveller holidays di desa penglipuran

Astaga, pas gue nyampe ternyata banyak banget orang yang liburan kesitu. Ternyata disitu lagi ada festival, yang jual makanan, kerajinan dll. Gue ga lama-lama disitu, cuma beli cemcem loloh, kunyit asam sama sarung..(abis 110ribu) hahaha..

Besok paginya gue dikasih tau tempat air terjun yang bagus, Air Terjun Tegunungan. Langsung deh gue meluncur kesana, biasa sambil nyalain waze biar ga nyasar. Sampe pos pintu masuk, gue langsung disambut senyum ramah dari mbak penjaga tiketnya.. Tiket masuk kesana 10ribu.

solo traveller holidays di air terjun tegunungan

Gimana bagus ga pemandangannya? Hehehe.. BTW gue ampir jatoh kepeleset disitu pas ngambil foto dari atas batu-batuan yang berlumut..

Dari Air Terjun Tegunungan gue balik dulu ke Friendly House buat makan, gue pesen nasi goreng (25ribu). Seabis itu gue meluncur lagi ke Besakih, perjalanan panjang hampir 2 jam an.

Sampe di Pura Besakih gue langsung dikerubutin orang-orang, ada yang nawarin bunga, sesajen, sarung, dll. Salah satu resiko jadi solo traveller nih hahaha.. Akhirnya gue bayar bunga (5ribu) sama sarung, tapi si tukang sarungnya maksa kudu pake guide jadi 100ribu! Bangsat banget kan.. Ga bakalan gue datang kesitu lagi deh.. dia motoinnya juga asal-asalan. Pas gue lagi merem difoto..capedeh..

solo traveller holidays di pura besakih

Seabis si tukang sarungnya pergi, gue jepret-jepret foto lagi sendiri. Terus langsung gue cabut dari situ ga bayar parkir, padahal ditagih hahaha.. Gue bilang “Kan udah tadi ke si bapak yang tadi!” sambil pasang muka bete.

Dari Besakih gue langsung ke Virgin Beach lewat KarangAsem. Ngeri juga jalurnya lewat jalan kecil masuk ke hutan gitu, cuma pake waze doang lagi. Setelah nyasar-nyasar beberapa kali akhirnya ketemu juga Virgin Beach, tiket masuknya 5ribu aja.

solo traveller holidays di virgin beach

Virgin Beach ini destinasi terakhir hari ini, karena badan gue udah ga kuat lagi. Dan gue balik ke Friendly House, mandi dan siap-siap makan malem. Tadinya mau nyoba Babi Guling Ibu Oka, kebetulan deket, eh tapi udah tutup. Jadinya gue makan malem di Warung Subak, sendirian dong.. namanya juga solo traveller hahaha.. abis 135ribu.

Besok paginya gue beres-beres lagi soalnya mau pindah tempat lagi hehehe.. Kali ini gue bakalan nginep di daerah Uluwatu tepatnya di DSTAY Kost Bali ini juga termasuk homestay murah di Bali. Sekitar jam 12 siang gue checkout deh, terus langsung meluncur ke arah Selatan Bali. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 setengah jam an.

Karena ngikutin petunjuk waze, gue ampir masuk ke tol hahaha.. Untung ada petugasnya ngarahain supaya ambil jalur kiri yang buat motor.. Bayar 4500 buat tol motornya. Jalannya agak berkelok-kelok dan sempit juga cuma buat 1 jalur aja, jadi kalau yang ga mahir naek motor sih bisa aja nabrak pembatasnya hahaha..

Hari Ke-5 Solo Traveller Holidays di Bali

Akhirnya gue nyampe juga di DSTAY Kost, nah si bapak kostnya bilang kamar yang ada tinggal yang ada AC nya, dan kalau mau pake AC kudu nambahin 20ribu perharinya. Yaudalah gue ambil aja pake AC daripada kepanasan. Sekitar jam 4an gue mulai eksplor ke Pantai Gunung Payung, yang jaraknya ga begitu jauh dari tempat gue nginep.

Tiket masuk + parkir cuma 4ribu perak loh. Kayaknya ini tempat wisata masih dalam pengembangan, soalnya jalan masuknya juga masih berupa batu-batuan.

solo traveller holidays di pantai gunung payung

solo traveller holidays di pantai gunung payung 2

Dari Pantai Gunung Payung gue langsung ke Pantai Pandawa karena letaknya yang berdekatan, sekitar 15 menit sampe deh. Dan ternyata disana lebih rame, mungkin lebih luas juga pantainya dibandingin sama Pantai Gunung Payung tadi.

Tiket masuknya juga lebih mahal 10ribu. Karena gue laper jadinya gue sambil cari makanan disitu, tapi ga ketemu yang sesuai isi hati.. eh isi perut.. Anehnya lagi orang-orang pada ngeliatin gue.. disangkain artis kali ya? hahaha.. padahal mah pada aneh soalnya kulit gue item banget kebakar sinar matahari, gara-gara ga pake jaket sih..

solo traveller holidays di pantai pandawa

Dari Pantai Pandawa gue nyari makan di pinggir jalan dan dapet deh warung nasi babi guling.. soal rasa mah ga usah ditanya yaa.. hahaha.. tapi yang jualnya lumayan cakep sih.. hihihi.. Baliknya udah rada gelap dan gue sempet muter-muter nyari jalan balik ke tempat nginep gue.

Besok harinya gue rencanain ke Pantai Balangan sekalian cari sarapan disana. Sampe disana sekitar jam 10 pagi, cukup sepi di perjalanan sampai tujuan. Soalnya di Pantai Balangan ini lebih banyak dipakai buat surfing.

solo traveller holidays di pantai balangan

Disana gue beli nasi goreng plus minum, abis 40ribu.. mahal kan.. hahaha.. Pas beres makan gue coba duduk-duduk santai di kursi pantai gitu.. eh ditanyain sama mas-masnya udah bayar belum, ternyata kudu bayar 50ribu buat nyewa kursi itu.. Mending gue cabut aja deh hahaha..

Sore harinya gue ke Pura Uluwatu, rencananya sih pengen liat sunset juga disana. Pas nyampe sana wih banyak juga turis-turisnya. Terus monyetnya juga banyak.. kalau ga hati-hati bisa dirampas bawaan gue kayak kacamata dsb, makanya gue taro kacamata di motor hehehe.. Disana ga bisa masuk ke pura nya, jadi cuma bisa liat dari luar aja. Oiya tiket masuknya 20ribu, terus gue disuruh pake kaen kuning dipinggang. Kaen warna ungunya ga usah kata penjaga disana, soalnya celana gue udah lumayan panjang. Mungkin kalau pake hot pants pasti disuruh deh..

solo traveller holidays di pura uluwatu

solo traveller holidays di pura uluwatu sunset

Itu foto sunsetnya yang gue tungguin dari jam 4 sore, munculnya jam setengah 6 kalau ga salah. Sunsetnya ga bisa sampe bawah, udah keburu hilang duluan. Balik dari Pura Uluwatu udah gelap, gue berenti dulu di pinggir jalan nyari makanan. Eh ketemu warung nasgor lagi hahaha.. jadinya gue beli deh nasgor mawut + teh manis hangat (abis 15ribu doang).

Solo Traveller Holidays di Hari-hari Terakhir

Besok harinya gue beres-beres terus checkout lagi. Sekarang tujuan gue ke daerah Kuta, tepatnya di Legian. Gue udah booking kamar di Beneyasa Beach Inn II hostels in Bali. Kebetulan waktu itu ada promo jadi 2 malem cuma 175ribu aja. Paling murah sih kalau diitung-itung, cuma yah jangan harap terlalu jauh aja ya.. (you know what i mean).

Di Legian udah beda suasananya, penuh orang lalu lalang. Bingung mau kemana buat ngabisin waktu, akhirnya gue ke pantai aja. Duduk dipasir pake alas sendal, sambil foto-foto sunset di pantainya.

solo traveller holidays sunset pantai legian

Malemnya gue susah tidur, ga tau kenapa. Mungkin karena sakit dari kulit yang terbakar atau ada penunggu di kamarnya.. hihihi (serem soalnya..mana kamar paling pojok lagi).

Paginya gue nyari Pie Susu dulu buat oleh-oleh.. terus baliknya ke daerah Kuta Galleria beli BPK Pancur Siwah lagi hahaha.. kali ini saksangnya bukan babi panggang.

Malem harinya gue ada janji sama temen lama di Sanur, lebih tepatnya temen blogging. Belom pernah ketemuan sih, baru kali ini aja ketemu.. mumpung gue lagi solo traveller holidays jadi bebas kemana aja hehehe.. Orangnya baik, cantik dan suaranya lemah lembut.. hahaha.. Dari Sanur gue balik pulang, karena besok pagi-pagi harus udah di airport Bali.

Jam 6 pagi gue langsung cabut ke airport, agak gerimis dijalan tapi untung ga ujan gede. Gue udah janji ketemuan sama agan Ferry buat balikin ini motor jam 6.30.

***

Akhirnya gue balik ke Bandung, sampe Bandung jam 10an agak macet soalnya si pesawat harus ngantri giliran landing di airportnya. Ada-ada aja yaa.. sampe eneq muter-muter dulu di angkasa, ada kali 20 menitan.

Ah selesai juga field report ala solo traveller holidays buatan gue ini hahaha.. Semoga yang membaca jadi terinspirasi untuk bikin best solo vacations kamu.. hahaha.. Jangan menyerah yaa dan tetap semangat menjalani hidup ini and traveling by yourself. Terima kasih.

Rincian dan total budget yang gue keluarin selama jadi solo traveller holidays ini bisa diliat disini.