Skip to content

Serba-serbi Unik Tentang Warna yang Belum Terungkap

Saat ini saya dan Anda sedang melihat pemandangan matahari terbenam. Beragam warna bercampur dengan birunya langit menghasilkan kombinasi warna yang sangat indah. Anda tentu setuju dengan saya.

Tapi apakah Anda melihat kombinasi warna seperti yang saya lihat? Bahkan warna biru langit yang Anda lihat bisa jadi tidak sama dengan saya, meskipun kita sama-sama setuju menyebut langit berwarna biru.

Mungkin warna biru yang saya lihat lebih pucat dari yang Anda lihat. Warna biru yang Anda lihat bisa terlihat jauh lebih kaya dan juga indah dari apa yang saya lihat.

Beberapa dari Anda mungkin baru menyadari fakta ini. Jangan cepat kaget dulu, masih ada fakta lain yang berkaitan dengan warna yang mungkin baru Anda sadari juga.

Kita Tidak Melihat Biru Yang Sama

Seperti ilustrasi di atas, kita memang menggunakan kata yang sama untuk merujuk pada sebuah pengalaman yang juga sama.

Meski begitu, tidak ada orang yang bisa melihat matahari terbenam yang sama, karena adanya sesuatu yang dinamakan persepsi, dan itu unik.

Kita Tidak Melihat Biru Yang Sama
Kita Tidak Melihat Biru Yang Sama | Source: https://hiveminer.com

Secara alami, Anda pasti akan melihat hal yang berbeda dengan saya, karena proses melihat juga menggabungkan perasaan dan kenangan dengan cahaya yang muncul di mata kita.

Warna biru yang anda lihat mungkin lebih kaya dari yang saya lihat karena Anda memiliki kenangan tentang biru yang tidak saya miliki.

Maka dari itu kita tidak akan pernah tahu bagaimana perasaan orang lain saat melihat warna tertentu, karena tidak ada dua orang di dunia yang memiliki pikiran yang sama persis.

Perempuan = Merah muda, Laki-laki = Biru

Ketika memasuki toko-toko baju, Anda mungkin tidak menyadari adanya pemisahan warna berdasarkan gender. Baju dengan warna merah muda atau merah jambu adalah untuk perempuan sedangkan biru untuk laki-laki.

Hal ini umumnya terjadi pada anak-anak. Sebagian orang tua memberikan baju warna merah muda untuk anak perempuan dan warna biru untuk warna laki-laki.

Meskipun tak sedikit juga orang tua yang memberikan warna lain untuk dikenakan, tetapi sepertinya warna merah muda memiliki daya tarik tersendiri.

Fenomena ini kemudian banyak diteliti dan dijadikan bahan studi. Di Amerika, sebagian besar bayi dan anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan, cenderung memiliki ketertarikan pada warna dasar seperti biru dan merah.

Perempuan = Merah muda, Laki-laki = Biru
Perempuan = Merah muda, Laki-laki = Biru | Source: http://www.smithsonianmag.com

Beberapa kajian yang dilakukan pada kelompok usia yang sama menemukan biru sebagai warna favorit. Dalam kajian yang lain menyatakan merah sebagai warna favorit, tetapi pilihan tersebut umumnya tidak bergantung pada jenis kelamin.

Apakah hasil yang sama didapatkan pada orang dewasa?

Penelitian lain juga dilakukan di tahun 2007 oleh Anya Hulbert dari Universitas Newcastle di Inggris dengan bertanya pada orang dewasa apa warna favorit mereka.

Hasilnya adalah warna biru yang menjadi pilihan utama baik bagi laki-laki maupun perempuan. Meski begitu tetap saja rata-rata perempuan menyukai warna kemerahan lebih tinggi daripada laki-laki.

Hulbert berspekulasi bahwa hasil ini dipengaruhi oleh bakat alami perempuan yaitu kemampuan untuk memilih buah-buahan matang yang lebih baik daripada laki-laki.

Hal ini membuat perempuan kurang menyukai warna hijau dan kuning. Mereka lebih tertarik pada warna merah yang berasal dari buah, seperti beri.

Sementara itu, laki-laki memilih warna biru karena tugas mereka sebagai pencari sumber air bagi keluarga maupun sukunya. Biru identik dengan warna dari sumber air yang baik dan bisa dikonsumsi.

Mereka juga menganggap warna biru pada langit yang cerah merupakan pertanda yang bagus untuk berburu.

Namun hal ini masih tidak bisa dijadikan alasan mengapa merah dan biru menjadi warna favorit. Tidak diketahui juga dengan jelas mengapa ini berpengaruh terhadap suka dan tidak suka.

Selain alasan bakat alami, pilihan warna favorit juga dapat dibentuk dari norma budaya. Suatu budaya dimana merah muda dianggap sebagai warna yang tepat untuk bayi perempuan sedangkan biru untuk bayi laki-laki.

Budaya ini membuat bayi-bayi tersebut terbiasa memakai dan dikelilingi warna tersebut sejak lahir.

Sebuah studi dilakukan pada tahun 2011 mencoba untuk mengetahui lebih jauh dampak dari budaya ini.

Penelitian ini dimulai dengan memperlihatkan sepasang benda yang sama kepada bayi perempuan dan laki-laki berumur satu tahun.

Benda-benda yang sama seperti gelang dan pigura dengan warna berbeda, satu benda berwarna merah jambu dan satunya berwarna lain.

Ternyata bayi-bayi tersebut lebih banyak memilih warna lain daripada merah jambu.

Perubahan terjadi setelah mereka berumur dua tahun, dimana bayi perempuan mulai menyukai merah jambu. Sedangkan bayi laki-laki menolak warna merah jambu setelah berumur empat tahun.

Anak-anak mulai sadar akan adanya perbedaan jenis kelamin ini. Mereka akan mulai membicarakannya dengan orang tua atau bahkan mengamati sekitarnya.

Serba-serbi Unik Tentang Warna yang Belum Terungkap
Serba-serbi Unik Tentang Warna yang Belum Terungkap | Source: http://www.kidsindustries.com

Hal ini mereka lakukan untuk memahami lebih sehingga dapat menentukan hal-hal apa yang membedakan antara laki-laki dan perempuan.

Jenis kelamin selalu menjadi topik bahasan dari awal kehamilan hingga melahirkan. Ketika kita mendengar tentang kelahiran seorang bayi, yang paling pertama kita pikirkan apakah itu bayi perempuan atau laki-laki?

Beberapa dari Anda mungkin berkata bahwa jenis kelamin tidaklah penting, terlebih yang berhubungan dengan warna apa yang diperlihatkan pada bayi.

Yang tidak Anda sadari, ternyata hal itu bisa mempengaruhi para orang dewasa pada saat memperlakukan mereka.

Terdapat sebuah studi yang terkenal dimana dalam studi tersebut memperlihatkan perempuan yang memperlakukan seorang bayi dengan cara berbeda.

Dan itu ternyata bergantung pada warna pakaiannya, yang adalah merah muda atau biru.

Jika bayi tersebut mengenakan baju berwarna biru, mereka akan menganggap bayi itu laki-laki, memberikan permainan yang menggunakan fisik seperti bola.

Sedangkan jika seorang bayi mengenakan baju berwarna merah muda, mereka akan memberi mainan yang lebih lembut seperti boneka.

Saat ini pun pengaitan antara merah muda dengan feminitas sudah terjadi. Yang apabila tidak digunakan dengan tepat, dapat berakibat sebaliknya.

Warna dapat Menunjukkan Kepribadian

Di luar warna merah muda dan biru yang menunjukkan identitas, Anda tentu memiliki warna favorit yang mendominasi isi di lemari baju Anda.

Warna dapat Menunjukkan Kepribadian
Warna dapat Menunjukkan Kepribadian | Source: https://www.truevaluepaint.com

Ternyata secara psikologis warna favorit kita dapat menunjukkan kepribadian, lho. Penasaran seperti apa kepribadian kita sesuai warna favorit? Terus lanjut baca ya.

  • Merah

Seperti yang Anda tahu, merah melambangkan semangat serta keberanian. Karena itu penyuka warna merah dianggap juga memiliki kepribadian yang berani dan percaya diri.

Berbeda dengan Anda yang menyukai warna maroon, kepribadian dewasa dan bijaksana dianggap cocok dengan Anda.

  • Pink / Merah muda

Kepribadian yang lembut dan sensitif melekat pada penyuka warna ini. Hal-hal romantis, feminin dan sangat peduli terhadap penampilan menjadi ciri khas yang ada pada Anda.

  • Oranye

Warna oranye yang cerah menggambarkan kepribadian yang ceria dan juga berjiwa sosial tinggi. Anda yang menyukai warna ini dianggap mampu beradaptasi dengan baik di lingkungannya.

  • Kuning

Senada dengan warna oranye, warna kuning menggambarkan kepribadian yang optimis, senang bercanda juga ceria. Rasa penasaran yang tinggi serta cepat dalam mengambil keputusan juga dianggap ada pada diri Anda.

  • Biru

Biru merupakan warna langit dan laut yang ketika kita melihat akan terasa menenangkan. Maka dari itu, kepribadian yang dimiliki penyuka warna ini umumnya ramah dan tenang.

Kebalikan dari warna kuning, Anda termasuk orang yang hati-hati saat mengambil keputusan.

  • Ungu

Anda yang menyukai warna ungu dianggap sangat mengenal diri sehingga tahu pasti apa yang dimau dan tidak. Meski begitu, ia juga terkesan misterius, lho.

  • Hijau

Hijau adalah warna natural. Menggambarkan seseorang yang dapat mengatur keseimbangan emosi serta bersikap dewasa. Untuk itu, penyuka warna hijau dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.

  • Cokelat

Cokelat adalah warna pohon, terlihat tangguh dan kokoh. Ini menggambarkan Anda yang menyukai warna cokelat, yaitu berpendirian teguh juga tegas dalam mengambil keputusan.

  • Hitam

Warna gelap yang misterius namun elegan. Memiliki kecenderungan untuk sulit ditebak jalan pemikirannya. Selain itu ia juga pandai mengatur emosi dan tidak menonjol.

  • Putih

Suci dan bersih adalah sifat yang menggambarkan warna putih. Anda yang menyukai warna ini juga memiliki kepribadian yang sederhana namun perfeksionis.

Terkadang ia juga dianggap kurang ekspresif sehingga jalan pikirannya sulit ditebak.

Belum tentu orang yang memiliki warna favorit yang sama memiliki kepribadian yang sama pula. Tetap saja masing-masing dari kita memilki keunikan tersendiri.

Tipe Kepribadian Kode Warna

Nah, fakta terakhir. Warna juga digunakan sebagai kode dari kepribadian seseorang sekaligus kecenderungannya terhadap suatu hubungan.

Taylor Hartman membagi tipe kepribadian menurut empat aspek dominan di alam yaitu api, tanah, air dan udara.

Tipe Kepribadian Kode Warna
Tipe Kepribadian Kode Warna | Source: http://miekmiegola.com

Atas dasar ini kemudian ia membedakan empat tipe kepribadian orang menurut kode warna, yaitu tipe kepribadian merah, biru, putih dan kuning.

  • Kepribadian merah merepresentasikan sifat-sifat api yaitu semangat yang membara dalam kehidupan;
  • Kepribadian biru merepresentasikan sifat-sifat tanah yaitu kuat dan teguh dalam pendirian;
  • Kepribadian putih merepresentasikan sifat-sifat air yaitu mengalir dan mengikuti arus;
  • Kepribadian kuning merepresentasikan sifat-sifat angin yaitu bertiup kesana kemari.

Masing-masing tipe kepribadian tersebut memiliki keunikan tersendiri yang merupakan gabungan dari kekuatan dan kelemahan.

Dalam sebuah hubungan, seseorang dengan kepribadian merah akan menjalani hidup dengan penuh kekuatan. Merah sangat berkomitmen pada tujuan dan memilki tekad yang kuat untuk menyelesaikan rintangan dalam kehidupan.

Akibatnya, ia cenderung mengabaikan kedekatan dengan pasangan dan menganggapnya sebagai hal yang tidak penting.

Berbeda dengan kepribadian biru yang senang bersama orang lain dan memiliki hubungan yang akrab.

Karena itu, biasanya seseorang yang memilki kepribadian biru dapat menjalin hubungan persahabatan yang bisa bertahan seumur hidup. Mereka juga sepenuhnya setia pada orang, dalam masa senang maupun susah.

Sama halnya dengan biru, seseorang dengan kepribadian putih dapat menjaga komitmen satu sama lain. Putih merasa dirinya mudah untuk menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpainya.

Sifatnya yang toleran membuatnya memiliki hubungan tanpa banyak terjadi keributan.

Bisa dibilang kepribadian kuning ini free spirit. Hidupnya hanya untuk bersenang-senang dan bermain.

Seperti anak-anak yang ketika mengalami tekanan baik di rumah maupun di tempat kerja, melakukan hobi yang disukai akan membangkitkan kembali semangatnya.

Yang perlu diingat disini adalah bahwa kuning sangat menyukai kesenangan. Ia tidak akan suka dikekang sehingga sulit untuk berkomitmen dengan serius, terlebih terikat dalam pernikahan.

Serba-serbi Unik Tentang Warna yang Belum Terungkap
5 (100%) 1 vote
Published inPengetahuan

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.