Skip to content

Mengenal Parfum dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Setelah aktivitas seharian di tengah iklim tropis Indonesia, keringat yang keluar dari tubuh tentu tak dapat dicegah. Bau badan yang tak sedap bisa jadi muncul dan mengganggu penampilan. Kepercayaan diri pun menurun, bahkan membuat diri menjadi menjauh dari orang lain.

Bau badan tak sedap bukan lagi menjadi masalah besar, beragam produk telah diciptakan untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari deodorant hingga menggunakan parfum beragam aroma siap membuat tubuh wangi sepanjang hari.

Penggunaannya yang mudah dan dapat dibawa kemana-mana membuat parfum dipilih sebagai penyelamat bau tak sedap. Tinggal semprot, tubuh pun kembali wangi.

Meski begitu, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penggunaan parfum. Misalnya saja karena ingin tubuh wangi dan tahan lama, lantas menggunakan parfum sebanyak-banyaknya. Selain boros, cara ini juga tidak efektif mempertahankan aroma parfum pada tubuh. Sebagian besar juga masih menggunakan parfum pada baju, bukan pada kulit.

Menyemprotkan parfum ke tubuh dalam jarak dekat juga merupakan kebiasaan yang keliru namun banyak dilakukan. Padahal jarak yang tepat untuk menyemprotkan parfum adalah sekitar 15 sentimeter dari tubuh agar aromanya dapat tersebar lebih luas. Dengan begitu tidak perlu lagi mengusap parfum yang kelebihan dan hasilnya pun lebih tahan lama.

Pemilihan parfum juga tidak bisa sembarangan. Pilihan aroma yang beragam dengan tingkat ketahanan yang berbeda dapat dipilih sesuai kebutuhan. Parfum yang tahan lama mengandung alkohol yang lebih sedikit, sehingga lebih kental. Yang banyak dijual di supermarket adalah jenis yang kandungan alkoholnya cukup banyak, masih sekitar 70 persen dari volume total. Ketahanannya pun hanya dalam hitungan jam saja.

Parfum yang lebih tahan lama, memang lebih mahal. Jika ingin tubuuh tetap wangi seharian tapi dengan parfum yang tahan beberapa jam saja, apakah bisa? Tentu saja bisa! Yang dibutuhkan adalah membiasakan diri untuk menjaga kelembaban kulit dan sedikit mengubah kebiasaan yang membuat parfum tidak dapat bekerja maksimal. Nah, selengkapnya Anda bisa baca dalam rangkuman tulisan berikut ini. Simak baik-baik ya.

Macam-macam Parfum
Macam-macam Parfum | Source: https://www.superdrug.com

Macam-macam parfum

Cara cepat untuk membuat tubuh wangi adalah dengan menggunakan parfum. Ada beragam jenis parfum dengan varian aroma yang beragam pula. Setiap jenis parfum memiliki ketahanan yang berbeda, mulai dari 1 jam hingga 24 jam. Hal ini karena kandungan minyak parfum yang berbeda pada setiap jenis. Semakin banyak kadar minyak parfum, semakin tahan lama pula jika digunakan. Beberapa jenis parfum yang ada di pasaran antara lain:

  • Eau Fraiche atau Fresh Spray. Jenis ini mengandung paling sedikit minyak parfum, hanya sekitar 1-3 persen dari total volume. Selebihnya terdiri dari air dan alcohol. Dengan kandungan yang sangat sedikit, ketahanan aromanya pun tidak berlangsung lama, yaitu satu jam saja.
  • Cologne. Jenis ini adalah yang paling sering ditemui dan digunakan. Murah dan melimpah membuat cologne banyak dipillih. Kadar minyak parfum yang sedikit lebih banyak dari jenis sebelumnya, yaitu sekitar 2-4 persen dari total keseluruhan. Ketahanannya pun sedikit meningkat menjadi dua jam.
  • Eau de Toilette. Jenis ini mengandung minyak parfum yang cukup banyak, yaitu sekitar 5-15 persen dari total volume. Eau de Toilette atau biasa dikenal dengan parfum EDT dapat mempertahankan aroma pada tubuh selama tiga jam. Harganya memang lebih mahal bila dibandingkan dengan cologne dan biasa dijual dalam kemasan yang kecil (10-50 ml).
  • Eau de Parfume. Jenis yang satu ini jarang ditemui di toko-toko biasa karena harganya yang mahal. Wajar saja, mengingat kandungan minyak parfum yang ada di dalamnya sekitar 15-20 persen. Jumlah sebanyak ini membuatnya dapat bertahan hingga delapan jam setelah penggunaan.
  • Extrait de Perfume. Nah, ini baru benar-benar disebut parfum. Mengandung 20-30 persen minyak parfum membuat jenis ini dapat bertahan hingga 24 jam setelah penggunaan. Dengan menggunakan parfum Anda tidak perlu berulang kali menyemprotkan pada tubuh. Namun harga yang dibanderol produk ini juga jauh lebih mahal dari jenis-jenis sebelumnya. Berani mencoba?
Baca juga:  Cara Merawat Rambut dan Membuat Masker Alami

Menggunakan parfum dengan efektif

Sebagian besar dari kita menggunakan parfum sebagai langkah terakhir sebelum pergi. Dengan begitu parfum yang disemprotkan hanya akan menempel pada baju, bukan pada tubuh. Padahal cara ini justru membuat aroma parfum cepat menguap, hilang tertiup angin.

Menggunakan Parfum Dengan Efektif
Menggunakan Parfum Dengan Efektif | Source: https://www.liveabout.com

Penggunaan parfum sebaiknya langsung mengenai kulit, bukan baju. Dengan begitu aroma dari parfum akan menyatu dengan minyak alami tubuh sehingga menghasilkan aroma alami tubuh yang lebih tahan lama. Bagi beberapa orang mungkin alergi terhadap bahan-bahan yang ada dalam parfum, tentu cara ini perlu dihindari. Namun tetap perhatikan ketika menyemprotkan parfum ke pakaian karena bisa jadi menimbulkan noda.

Waktu yang paling tepat untuk menggunakan parfum adalah setelah mandi. Kondisi kulit yang lembab akan menerima parfum dengan baik dan mengunci aromanya pada kulit sehingga lebih tahan lama. Menggunakan parfum saat sedang berkeringat hanya membuat aroma tubuh semakin tidak karuan. Dengan adanya kontaminasi dari keringat, aroma parfum yang disemprotkan tidak dapat terkunci dengan sempurna dalam kulit.

Beberapa jenis parfum memang ditujukan untuk penggunaan di tubuh. Tapi bukan berarti diguyurkan ke seluruh tubuh. Ada beberapa titik pada tubuh yang sangat efektif untuk mempertahankan aroma parfum pada tubuh. Titik-titik tersebut berada di bagian tubuh yang dapat memancarkan panas.

Semprotkan parfum pada pergelangan tangan, belakang telinga dan leher, siku bagian dalam, pundak, dan dada. Bagian-bagian tersebut merupakan tempat dimana pembuluh nadi sangat terlihat. Aroma parfum yang disemprotkan akan dikunci dan disebarkan ke seluruh tubuh karena panas yang dihasilkan oleh tubuh. Hal ini dapat terjadi pula jika menggunakan parfum setelah mandi air hangat.

Kesalahan Penggunaan Parfum

Setiap orang tentu ingin tubuhnya wangi sepanjang hari. Beberapa jenis parfum memang memiliki ketahanan yang lama, namun apabila cara penggunaannya tidak tepat maka sia-sia saja.

Kesalahan Penggunaan Parfum
Kesalahan Penggunaan Parfum | Source: https://greatist.com

Hal yang wajar jika aroma parfum akan hilang seiring berjalannya waktu, mengingat kulit juga merupakan bagian tubuh yang bisa bernapas. Salah satu cara untuk mempertahankan tubuh tetap wangi adalah dengan menyemprotkan parfum beberapa kali dalam sehari. Tidak perlu berlebihan, cukup 2-3 kali dalam sehari pada tiga titik nadi yang telah disebutkan sebelumnya. Bukan sekedar semprot sana-sini asal wangi.

Anda juga mungkin pernah melihat seseorang menggunakan parfum dengan cara menyemprotkannya pada pergelangan tangan kemudian menggosoknya. Cara seperti ini dilakukan dengan maksud meratakan parfum dengan lebih baik.

Kebiasaan seperti ini ternyata malah membuat aroma parfum lebih cepat hilang. Partikel-partikel parfum yang menyebarkan aroma akan melemah bahkan mati, sehingga parfum tidak dapat bertahan lama. Sebaiknya semprotkan secukupnya pada beberapa titik nadi dan biarkan sampai mengering dengan sendirinya.

Baca juga:  Penyebab Kulit Kering dan Cara Merawatnya

Tips memaksimalkan penggunaan parfum

Untuk mendapatkan tubuh yang wangi sepanjang hari, tidak cukup hanya menggunakan parfum di waktu dan tempat yang tepat. Kebutuhan tambahan untuk kulit agar lebih memaksimalkan penggunaan parfum juga diperlukan. Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tips Memaksimalkan Pengunaan Parfum
Tips Memaksimalkan Pengunaan Parfum | Source: https://hk.asiatatler.com
  • Memilih aroma parfum yang tepat

Memilih aroma parfum memang gampang-gampang susah. Banyak pilihan terkadang justru membingungkan. Beragam aroma yang diciptakan memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda.

Aroma woody adalah aroma khas rempah-rempah yang dipercaya memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan aroma citrus. Aroma woody dapat memberikan nuansa yang kalem, hangat, dan lembut. Sedangkan aroma citrus akan memberikan nuansa yang segar. Aroma asam jeruk ini dapat membaur dengan aroma lainnya seperti aroma daun, rumput, mint dan bunga.

  • Minum air putih secara teratur

Kulit yang lembab akan menyerap parfum dengan maksimal. Untuk itu penting menjaga kelembaban kulit selain dengan mandi. Memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan dan dibiasakan.

Selalu ingat untuk minum air sesuai jumlah yang disarankan, yaitu 8 gelas berukuran 200 ml untuk wanita dewasa dan 10 gelas berukuran 200 ml untuk pria. Dengan begitu, kulit akan selalu siap menerima dan mengunci aroma parfum sehingga bertahan lebih lama.

  • Menyimpan parfum dengan benar

Kesalahan menyimpan parfum dapat membuat aroma parfum tidak dapat keluar dengan sempurna. Tempat yang disarankan adalah yang tidak terpapar sinar matahari langsung karena akan merusak molekul-molekul dalam parfum.

Menyimpan parfum bersamaan dengan benda lain yang berbau tajam juga akan membuat aroma asli parfum menjadi terkontaminasi. Hindari menyimpan parfum di dekat jendela kamar dan ruan tamu yang memungkin cahaya masuk, di dalam kotak P3K yang berisi obat-obatan, dan di atas meja bersama dengan benda-benda yang mudah berkarat.

Tempat yang tepat untuk menyimpan parfum adalah tempat yang kering dan memiliki suhu ruang normal sehingga tidak merusak partikel parfum dan aromanya terjaga. Suhu yang terlalu dingin juga tidak baik untuk parfum.

  • Semprotkan parfum pada rambut

Mungkin tips ini sedikit aneh, tapi dengan menyemprotkan sedikit parfum pada rambut dapat membantu menjaga aroma tubuh tetap wangi sepanjang hari. Caranya adalah dengan menyemprotkan parfum sambil mengibaskan rambut secara perlahan.

Yang perlu diperhatikan adalah sensitivitas kulit kepala. Jika Anda termasuk yang memiliki kulit sensitif maka sebaiknya berhati-hati saat menyemprotkan parfum pada rambut agar tidak sampai mengenai kulit kepala.

  • Gunakan body lotion dan produk lain yang menutrisi kulit
Baca juga:  Jenis Bedak dan Cara Menyimpan yang Benar

Selain menghidrasi kulit dari dalam, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan body lotion. Dengan menggunakannya sebelum menyemprotkan parfum, aroma yang dihasilkan akan semakin kuat. Kebiasaan yang mungkin tidak disadari ini dapat mengunci molekul penghasil aroma wangi parfum di dalam kulit sepanjang hari.

Agar lebih maksimal lagi, gunakan produk perawatan kulit tubuh yang menutrisi dan melembabkan kulit secara rutin setiap hari. Pilih produk dengan aroma yang sama atau serupa agar saling mendukung dan menghasilkan kombinasi aroma yang menyenangkan. Mulai dari sabun, body lotion, dan parfum yang digunakan secara berurutan akan memaksimalkan  aroma tubuh sekaligus merawat kulit agar tetap sehat.

Nah, mulai sekarang biasakan ya tips-tips di atas agar tubuh wangi sepanjang hari. Tak hanya nyaman, tetapi juga meningkatkan percaya diri dan menyempurnakan penampilan. Semoga bermanfaat.

Mengenal Parfum dan Cara Menggunakannya dengan Benar
5 (100%) 2 votes
Published inKecantikan

One Comment

  1. I have noticed you don’t monetize your blog, don’t waste
    your traffic, you can earn additional bucks every month.
    You can use the best adsense alternative for any type
    of website (they approve all websites), for more
    info simply search in gooogle: boorfe’s tips monetize your
    website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.