Skip to content

Masalah pada Bibir dan Cara Mengatasinya

Memakai make up sudah menjadi kebiasaan sehari-hari setiap perempuan, meskipun itu sekedar bedak dan lipstik. Apabila memiliki bibir kering dan sensitif, penggunaan lipstik atau produk bibir yang lain setiap hari tentu tidak baik.

Karena penggunaan yang sering inilah perlu adanya perhatian khusus untuk merawat kesehatan kulit dan bibir. Sebagai salah satu bagian tubuh yang sering terkena bahan kimia, bibir akan rentan mengalami masalah kesehatan.

Selain itu, kebiasaan merokok atau menggunakan lipstik yang mengandung bahan-bahan kurang sesuai dapat membuat bibir menghitam.

Adanya kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan pigmen melanin pada bibir menjadi semakin tebal dan menghitam.

Lipstik yang terdapat kandungan parafin serta logam berat juga dapat menyebabkan iritasi pada bibir. Hal ini membuat bibir jadi terlihat menghitam dan kering.

Solusi cepat untuk menghindari hal ini adalah dengan berhenti merokok dan menggunakan lip product untuk melembabkan serta mencerahkan bibir.

Adakah cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini? Baca terus ya.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Tak seperti bagian tubuh yang lain, bibir tak memiliki kelenjar minyak yang dapat menjaga kelembaban.

Oleh karena itu, banyak produk-produk pelembab bibir untuk mencegah bibir kering akibat terkena sinar matahari atau berada di tempat dengan kelembaban udara yang rendah.

Bibir yang kering jika dibiarkan saja akan berakibat bibir pecah-pecah sehingga mudah mengalami luka, bahkan hingga berdarah.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah
Mengatasi Bibir Pecah-Pecah | Source: http://www.bhtips.com

Kebiasaan yang sering dilakukan ketika mendapati bibir kering adalah, membasahi bibir dengan air liur alias menjilatinya. Ternyata kebiasaan ini membuat pecah-pecah pada bibir semakin parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah. Diantaranya:

  • Kurangi Kebiasaan Menjilat Bibir

Sebagian besar orang pasti menjilati bibir karena ingin membasahi bibir supaya tidak kering. Tetapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini justru memperburuk kondisi bibir.

Air liur akan cepat menguap dan membuat bibir menjadi lebih kering daripada sebelumnya.

Ada pula yang menjilati bibir karena terangsang oleh rasa pada lipbalm yang digunakan, untuk itu sebaiknya ganti produk yang digunakan dengan yang tanpa rasa.

  • Gunakan Pelindung Bibir

Berada di ruangan ber AC dan dibawah sinar matahari akan membuat bibir cepat kering. Oleh karena itu selalu sedia dan gunakan lipbalm sebelum bibir menjadi pecah-pecah.

  • Hindari Pemicu Alergi

Jika Anda memiliki alergi pada bahan-bahan tertentu, maka hindari untuk kontak langsung sebisa mungkin.

Beberapa orang ada yang mudah terkena alergi pada bahan-bahan yang ada di dalam kosmetik, produk perawatan kulit, parfum, dan pewarna.

  • Jaga Tingkat Hidrasi
Baca juga:  Jenis Bedak dan Cara Menyimpan yang Benar

Konsumsi air putih yang cukup agar tubuh, termasuk bibir, tidak dehidrasi. Bila pekerjaan membuat Anda harus berada di luar ruangan, maka selalu pastikan untuk meminum cukup air.

  • Bernapas Melalui Hidung

Memang kebiasaan yang cukup aneh, tapi ada beberapa orang yang memilih untuk bernapas melalui mulut daripada melalui hidung.

Sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut karena dapat memperburuk kondisi bibir yang pecah-pecah.

  • Batasi Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas memang dapat menambah nafsu makan. Namun mulai sekarang sebaiknya perlu membatasi konsumsinya karena berpotensi untuk menyebabkan iritasi pada bibir.

Apabila bibir sudah mengalami pecah-pecah, sebaiknya berhenti mengonsumsi makan pedas dan juga asam untuk sementara. Hal ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan bibir pecah-pecah.

Mengalami bibir pecah-pecah memang terlihat sepele, bahkan dapat sembuh dengan sendirinya. Tak jarang yang awalnya hanya bibir pecah-pecah, selanjutnya menjadi cheilitis atau peradangan pada permukaan bibir.

Nah serem kan?

Tanda-tanda spesifik dari cheilitis yaitu munculnya pecah-pecah yang disertai infeksi pada sudut bibir. Jika Anda mengalami kondisi tersebut dan susah disembuhkan, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Mengatasi Bibir yang Menghitam

Kondisi bibir yang menghitam memang bukan masalah serius, tetapi dapat membuat penampilan kurang cantik. Ternyata ada cara memerahkan bibir secara alami dengan mudah untuk mengembalikan warna bibir menjadi cerah.

Mau tahu apa saja itu?

Mengatasi Bibir yang Menghitam
Mengatasi Bibir yang Menghitam | Source: http://darklipstips.com
  • Kunyit

Selain untuk bumbu masak dan juga jamu, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mencerahkan warna bibir.

Caranya: Siapkan air mawar (Anda bisa mendapatkannya di toko kosmetik) dan kunyit yang sudah dihaluskan. Lalu campurkan kedua bahan tersebut sampai merata dan oleskan pada bibir.

Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Lemon

Rasa asam pada lemon ternyata mengandung zat alpha hydroxy acid yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati, terutama pada bibir.

Selain itu, adanya vitamin C yang tinggi telah terbukti dapat mencerahkan warna kulit, termasuk bibir.

Caranya: Ambil satu buah lemon, lalu peras. Air perasan tersebut kemudian dioleskan pada bibir selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan perawatan ini ketika bibir sedang luka, misalnya sariawan.

  • Mentimun

Mentimun memang sudah sering digunakan untuk perawatan wajah dan juga memudarkan bekas luka. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pencerah bibir alami.

Caranya: Ambil mentimun, kupas dan cuci bersih, lalu parut. Tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis, dan aduk hingga merata.

Setelah itu, oleskan pada bibir sambil beri pijatan lembut, selama 10 menit. Kemudian bilas bibir dengan air bersih.

Baca juga:  Cara Merawat Rambut dan Membuat Masker Alami

Atau Anda bisa mencoba cara yang lain, yaitu dengan memotong tipis mentimun dan menempelkannya pada bibir. Biarkan selama 5 menit. Mudah kan?

  • Madu

Bahan satu ini memang sudah sejak dahulu digunakan untuk melembabkan bibir yang kering dan mencerahkan warna bibir. Madu berfungsi untuk membantu meremajakan kulit, khususnya pada bibir.

Caranya: Cukup sediakan madu dan ambil secukupnya. Kemudian oleskan madu pada bibir malam hari sebelum tidur.

Berikan waktu untuk bibir dapat menyerap kandungan yang ada pada madu. Saat bangun di pagi hari, bilas dengan air hangat. Praktekkan setiap hari, maka bibir Anda akan merah alami.

  • Minyak zaitun

Kandungan omega 3 dan antioksidan yang ada pada minyak zaitun memilki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati, khususnya yang ada pada bibir.

Caranya: Ambil minyak zaitun secukupnya, dan oleskan pada bibir dengan merata. Biarkan beberapa saat atau gunakan saat sebelum tidur.

  • Lidah Buaya

Dikenal sebagai pelembab rambut dan kulit, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan bibir. Selain itu gel lidah buaya baik untuk bibir sensitive yang sering mengalami iritasi.

Caranya: Ambil daging (gel) lidah buaya secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Lakukan selama tiga hari berturut-turut dan lihat hasilnya. Hati-hati, jangan sampai masuk ke mulut ya, karena rasanya sangat pahit.

  • Minyak Almond

Almond adalah bahan yang biasa digunakan pada produk pelembab bibir. Dengan menggunkan minyak almond, bibir yang tak lagi kering akan berubah warna menjadi cerah dan merah.

Gunakan minyak almond pada bibir Anda seperti cara penggunakan minyak zaitun.

  • Gula Pasir dan Jeruk Limau

Tahukah Anda saat ini gula mulai banyak digunakan sebagai scrub, baik untuk wajah maupun bibir? Dengan scrub ini sel kulit mati pada bibir akan mudah dihilangkan. Nah, Anda juga dapat membuat sendiri di rumah.

Caranya: Bahan yang dibutuhkan adalah gula pasir dan satu buah jeruk limau. Belah jeruk limau menjadi dua bagian, lalu beri gula pada sisi dalam jeruk limau.

Selanjutnya gosokkan jeruk limau yang sudah diberi gula tersebut pada bibir dengan gerakan memutar. Diamkan selama satu menit, lalu bilas dengan air bersih.

Anda juga dapat mengganti jeruk limau dengan mentega, minyak zaitun, maupun madu.

  • Air Mawar

Air mawar sudah banyak digunakan pada produk kecantikan karena memiliki manfaat untuk menyejukkan, mendinginkan, dan melembabkan kulit.

Bila digunakan untuk perawatan bibir akan memunculkan warna merah alami pada bibir, menggantikan warna yang menghitam.

Caranya: Siapkan air mawar (yang bisa Anda beli di toko kosmetik) dan madu.  Campurkan satu tetes air mawar dengan beberapa tetes madu dan aduk merata.

Baca juga:  Pomade dan Kesalahan Perawatan Rambut Pria

Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada bibir dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih atau cukup mengusapnya dengan tisu.

Untuk hasil yang maksimal, ulangi perawatan ini sebanyak 3-4 kali sehari, ya.

  • Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E, vitamin K, kalium, dan mineral lain yang membantu mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, termasuk bibir.

Caranya: Siapkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan dan minyak zaitun (atau minyak almond). Campurkan alpukat tersebut secukupnya dengan 2-3 tetes minyak zaitun dan aduk rata.

Oleskan campuran tersebut pada bibir sambil memberikan pijatan ringan. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air hangat.

  • Baking Soda

Baking soda memang banyak digunakan sebagai pembersih komedo karena kemampuannya sebagai exfoliator.  Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir.

Caranya: Anda hanya perlu baking soda dan air secukupnya. Campurkan kedua bahan hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pada bibir secara merata. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menambahkan cuka apel pada campuran madu dengan perasan lemon. Dengan kombinasi ketiganya, bibir akan menjadi lebih sehat dan cerah.

Konsumsi air putih juga berperan penting untuk mengembalikan warna bibir alami. Jangan sampai mengalami dehidrasi karena akan memperparah kondisi bibir, yang selain kering juga akan menghitam.

Anda memang dapat menutupi warna bibir hitam dengan menggunakan lipstik, tetapi tidak dengan menjaga kesehatan bibir.

Cara Merawat Bibir Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Bibir Agar Tetap Sehat
Cara Merawat Bibir Agar Tetap Sehat | Source: http://www.beautystylo.com

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan cara untuk membuat bibir tetap sehat adalah:

  • Konsumsi air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas per hari
  • Sebisa mungkin menghindari penggunaan lipstik yang ada kandungan pewarna sintetis dan pewangi yang dapat menimbulkan iritasi pada bibir
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C yang cukup
  • Selalu gunakan pelembab bibir terlebih jika akan berada di luar ruangan yang terdapat paparan sinar matahari
  • Hilangkan kebiasaan mengelupas bibir yang kering dan menjilatinya
  • Jangan sering-sering mengkonsumsi makanan yang pedas, panas, dan asam
  • Untuk mengatasi bibir menghitam, perlu menghindari hal-hal seperti merokok, mengonsumsi banyak kafein, terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, dan kebiasaan menggigit atau menjilat bibir
  • Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, perlu melakukan hal-hal seperti mengonsumsi air putih serta buah dan sayur yang banyak, menjaga kebersihan mulut baik dengan menggosok gigi juga dengan obat kumur.

Selamat mencoba.

Masalah pada Bibir dan Cara Mengatasinya
5 (100%) 1 vote
Published inKecantikan

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.