Skip to content

Jenis-jenis Tas dan Cara Mencuci yang Benar

Dulu, tas digunakan untuk membawa barang-barang agar lebih ringkas dan mudah. Tetapi seiring dengan banyaknya model tas yang ada di pasaran, tas memiliki fungsi lebih sebagai atribut fashion yang melengkapi penampilan.

Secara umum, tas hanya ada dua jenis, yaitu tas ransel dan selempang. Karena semakin beragam kebutuhan manusia, muncul model-model tas baru dengan nama yang baru pula.

Mengenal nama-nama tas memang tidak terlalu dibutuhkan jika kita membeli tas secara langsung di toko, tetapi akan sangat penting jika mencari tas dan belanja tas online karena dibutuhkan keyword yang pas untuk tas yang diinginkan.

Nah, tas mana saja yang sudah dimiliki atau yang menjadi incaran Anda? Simak beberapa jenis tas sekaligus cara mencucinya di bawah ini untuk referensi Anda.

Jenis-Jenis Tas

Jenis-jenis tas dibuat berdasarkan bentuk dan ciri khas, dan secara tidak langsung, fungsinya masing-masing.

Jadi, daripada kamu mengeluhkan kenapa di dunia ini ada banyak jenis-jenis tas, tidak ada salahnya kamu mengenali jenis-jenis tas dan ciri khasnya.

Paling tidak beberapa tas yang umum kamu jumpai baik secara langsung maupun di toko.

Jenis-jenis Tas
Jenis-jenis Tas | Source: https://beauty.onehowto.com
  • Tas Ransel

Tas ransel sudah menjadi tas yang paling dikenal dan paling banyak digunakan. Beragam model yang dimiliki membuatnya dapat digunakan dalam banyak kegiatan, seperti sekolah, kerja, jalan-jalan, juga naik gunung.

Pada umumnya, tas ransel terdiri dari dua bagian. Satu bagian utama dengan ukuran yang paling besar, satu bagian lagi yang ukurannya lebih kecil.

Seiring perkembangan kebutuhan, tas ransel memiliki lebih dari dua bagian dengan beberapa tambahan kantong di dalamnya.

Tentu untuk menggunakan tas ini Anda perlu memilih model yang menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Tas ransel untuk kerja tentu tidak sama dengan tas ransel untuk naik gunung.

Untuk kerja, Anda perlu memilih tas ransel yang memiliki slot khusus laptop dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk naik gunung,

Anda perlu memilih tas ransel dengan bagian utama yang luas dan mungkin memiliki kantong-kantong tambahan yang banyak.

Tas ransel tidak memiliki gender tertentu sehingga cocok digunakan untuk wanita maupun pria. Tentu saja ini bergantung pada pilihan model, warna dan motif pada tas.

Bahan yang digunakan untuk membuat tas adalah kain polyester yang tebal dan kuat. Tetapi ada juga yang menggunakan bahan kulit, kanvas, dan juga denim.

  • Tas Selempang

Sesuai namanya, tas ini digunakan dengan cara diselempangkan dari bahu ke badan. Tas yang sudah sangat umum ini memiliki strap atau tali panjang yang cukup untuk disilangkan di badan.

Baca juga:  Fashion Item yang Harus Ada di Lemari Anda

Panjang tali ini sendiri dapat dipanjangkan dan dipendekkan sesuai kebutuhan. Tas ini cocok digunakan pria juga wanita, tergantung pemilihan model, warna dan coraknya.

Tas selempang memang tidak bisa memuat barang yang banyak seperti ransel, mengingat pemakaiannya yang dibebankan pada satu sisi bahu sehingga tidak memungkinkan untuk membawa beban berat.

Meski begitu, dengan menggunakan tas ini, mengambil barang di dalam tas akan lebih mudah karena tas dapat disilangkan ke depan ataupun ke belakang badan.

Saat ini, penggunaan tas selempang sudah beragam. Tidak hanya untuk membawa barang-barang kecil, tetapi juga bisa untuk membawa laptop.

Tentu model dan ukuran sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasar, seperti dengan menyediakan pegangan tangan yang pendek di bagian atas selain tali panjang.

Namun tetap perlu diingat agar tidak memberikan beban terlalu berat pada bahu yang dapat menyebabkan cidera.

  • Duffel Bag

Nama tas ini mungkin masih asing di telinga Anda, padahal bisa jadi tas ini ada di rumah Anda dan pernah digunakan.

Duffel bag adalah jenis tas jinjing yang memiliki bagian utama dengan ukuran luas. Selain memiliki pegangan tangan, pada model tertentu tas ini juga diberi strap bahu yang bisa dilepas-pasang.

Ukurannya pun cukup panjang untuk bisa digunakan seperti tas selempang.

Duffel bag memang relatif kecil jika dibandingkan dengan koper, tetapi akan jadi lebih efisien jika digunakan saat bepergian dalam waktu yang singkat.

Tas ini juga dapat digunakan saat berolahraga ataupun gym. Tentu dengan model dan ukuran yang sesuai. Karena itulah tas ini akan cocok digunakan baik pria maupun wanita.

  • Clutch Bag

Berbeda dengan jenis tas-tas sebelumnya, clutch tas / clutch bag biasanya tidak memiliki strap dan ukurannya kecil, seperti dompet.

Kata clutch sendiri berarti “genggam”, yang menunjukkan cara pemakaiannya yaitu dengan memegang badan tas.

Tas ini hanya terdiri dari satu bagian utama sehingga hanya bisa membawa barang-barang kecil seperti dompet dan hand phone.

Karena tidak memiliki kapasitas yang luas, tas ini lebih cocok digunakan pada acara pesta yang tidak memerlukan membawa banyak barang.

Umumnya desain clutch bag dibuat dengan nuansa mewah, yang apabila dikenakan akan terkesan glamour. Bahan yang digunakan pun berkelas seperti kulit.

Meskipun pada umumnya digunakan wanita, seiring perkembangan kebutuhan, dibuat pula clutch bag yang cocok untuk pria.

  • Tas Tangan

Seperti halnya clutch bag, tas tangan banyak digunakan saat acara-acara pesta. Namun karena desainnya yang umumnya tidak terlihat mewah, tas tangan juga bisa digunakan untuk sekedar jalan-jalan.

Baca juga:  Tips Memilih dan Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

Meski begitu, tak sedikit pula tas tangan yang dibuat dari bahan elegan dan mewah seperti kulit buaya.

Model dan bahan yang mewah membuat tas tangan lebih banyak digunakan oleh wanita dewasa, sedangkan remaja lebih memilih jenis clutch bag atau tas yang memiliki rantai panjang.

Tas tangan terdiri dari satu bagian utama yang luas disertai kantong-kantong di bagian dalam.

Umumnya tas ini juga memiliki resleting atau aksesoris lain untuk menutup, tetapi ada juga yang tidak memilikinya sama sekali.

  • Tote Bag

Bentuk tote bag yang sederhana dan berkapasitas cukup besar menjadi daya tarik tersendiri. Tas ini memiliki satu bagian utama yang luas dengan kantong-kantong kecil di dalamnya.

Dilengkapi strap lebar dengan panjang yang pas untuk dibawa maupun dilingkarkan pada bahu.

Bisa dibilang tote bag merupakan bentuk modern dari kantong belanja, karena tidak bisa ditutup (tidak ada resleting).

Untuk itu perlu berhati-hati saat menggunakan tas ini karena tidak ada pengaman. Tetapi saat ini sudah banyak model tote bag yang dilengkapi resleting, jadi pintar-pintar memilihnya saja.

Tote bag yang sederhana ini dapat digunakan oleh pria dan wanita untuk kerja, kuliah, dan hangout bersama teman. Karena banyak digunakan remaja, tas ini  memiliki desain luar yang unik dan kekinian.

Apalagi dengan bahan kanvas, Anda sudah dapat membuat tas ini di rumah dan menghiasnya sesuai selera. Bisa dilukis, bisa dengan kain perca, atau manik-manik.

  • Jenis Tas yang Lainnya

Tas-tas ini bisa dibilang pengembangan dari clutch bag dengan ukuran berbeda dan strap yang beragam.

Contohnya wristlet bag yang memiliki bentuk mirip dengan clutch bag, tetapi dengan tambahan strap panjang (biasanya rantai atau tali dengan bahan yang sama dengan tas).

Ada juga baguette bag yang berukuran lebih besar dan juga memiliki tali yang lebih panjang dari jenis wristlet. Model tas ini sangat girly sehingga menjadi favorit para wanita.

Untuk tas yang berukuran lebih besar, Anda bisa memilih hobo bag. Tas ini seperti tangan namun dengan model dan bentuk yang lebih santai.

Bahan yang digunakan juga lebih sederhana seperti kain polyester. Pas digunakan untuk membawa barang yang cukup banyak dan tetap nyaman dengan tali yang digunakan untuk menggantungkan tas ke bahu.

Terakhir ada satchel bag yang terlihat seperti tas-tas jaman dulu. Bentuknya persegi kaku dengan banyak kantong di luar bagian utama.

Tas ini juga memiliki strap panjang yang dapat dilingkarkan pada bahu. Meskipun terlihat jadul, tas ini digemari karena memuat banyak barang sekaligus fashionable. Cocok untuk kuliah dan hangout bersama teman.

Baca juga:  Fashion Item Hijab yang Harus Dimiliki Anda

Cara Mencuci Tas

Bersama kita sudah tahu bahwa ada beragam jenis tas dengan bahan yang beragam pula. Cara membersihkannya pun tak bisa disamakan.

Secara sederhana Anda dapat membersihkannya dengan mengeluarkan seluruh barang-barang dan sampah yang ada dalam tas, lalu membaliknya sambil ditepuk-tepuk.

Cara Mencuci Tas
Cara Mencuci Tas | Source: http://www.fashionlady.in

Namun jika ada noda yang mengharuskan tas untuk dicuci, maka Anda perlu memperhatikan langkah berikut ini.

  1. Noda saus, lumpur, atau kotoran lain yang mengerak pada tas perlu dibersihkan terlebih dulu. Siapkan air dingin dan tambahkan deterjen untuk menghilangkan noda.

Setelah deterjen larut sempurna, bersihkan noda menggunakan sikat gigi yang tak terpakai hingga noda memudar. Bilas tas dengan air bersih lalu sikat lagi hingga noda hilang.

  1. Untuk mencuci keseluruhan tas, siapkan bak besar kemudian isi dengan air dingin dan sedikit deterjen. Anda bisa menggunakan deterjen cair agar mudah larut dalam air dingin.

Pada umumnya mencuci tas memang dianjurkan menggunakan air dingin agar warnanya tidak pudar, tetapi tetap disesuaikan dengan bahan tas.

  1. Masukkan tas hingga terendam dalam bak yang berisi air deterjen tersebut. Goyang-goyangkan tas agar kotoran dapat terlepas.

Jika ada kotoran membandel, gunakan sikat gigi dan gosok dengan lembut agar tidak merusak bahan. Setelah itu diamkan beberapa menit untuk meluruhkan kotoran yang tersisa.

  1. Setelah kotoran sudah terangkat seluruhnya, bilas tas menggunakan air bersih hingga tidak ada busa sabun yang tersisa dalam tas. Tiriskan tas yang sudah bebas dari sabun dan jemur. Tidak perlu sampai dipelintir.
  1. Untuk menjaga warna agar tidak pudar, jemur tas di tempat yang teduh dan dilewati angin. Jika ingin tas cepat kering dan tidak bau.

Anda juga bisa menjemur tas di bawah sinar matahari, tetapi dengan membalik tas terlebih dahulu (bagian dalam tas berada di luar).

  1. Anda juga bisa mencuci tas dengan mesin cuci. Caranya, masukkan tas yang bebas noda bandel (saus, kecap, dan sejenisnya) ke dalam sebuah kantung.

Jika tidak ada kantung, Anda bisa mencuci tas bersama cucian lain yang memiliki bahan tebal seperti handuk dan jeans.

Hal ini dilakukan agar tas tidak banyak berbenturan dengan tabung mesin cuci. Pilih siklus mencuci yang singkat dan kecepatan putaran yang rendah.

Cara tersebut tidak bisa digunakan untuk seluruh jenis tas ya, karena tidak semua tas boleh dicuci dengan air bahkan menggunakan mesin cuci. Tetap perhatikan bahan tas dan petunjuk perawatannya. Selamat mencoba.

Jenis-jenis Tas dan Cara Mencuci yang Benar
5 (100%) 1 vote
Published inFashion

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.