Skip to content

Cara Merawat Rambut dan Membuat Masker Alami

Penampilan dapat menggambarkan karakter seseorang. Mulai dari sepatu, pakaian, hingga tatanan rambut yang dikenakan dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap kita.

Bagi beberapa orang, baik laki-laki maupun perempuan, rambut menjadi bagian terpenting yang dapat menyempurnakan penampilan.

Untuk yang berhijab, kesehatan rambut menjadi penting karena berhubungan dengan kenyamanan ketika harus tertutup sepanjang hari.

Tentu kesehatan rambut menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam merawat rambut pun tak bisa dilakukan dengan sembarangan karena harus menyesuaikan jenis rambut yang dimiliki.

Lalu, bagaimana cara merawat rambut dengan tepat?

Kenali Jenis Rambut Anda: Berminyak atau Kering?

Mengenali jenis rambut yang dimiliki akan memudahkan Anda untuk melakukan perawatan rambut.

Memilih produk-produk perawatan dan model tatanan rambut dapat disesuaikan dengan jenis rambut yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kenali Jenis Rambut Anda: Berminyak atau Kering?
Kenali Jenis Rambut Anda: Berminyak atau Kering? | Source: http://youqueen.com

Pembagian jenis rambut yang paling umum adalah rambut berminyak, kering, atau kombinasi dari keduanya (kering dan berminyak).

Ada cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengetahui jenis rambut yang dimiliki. Ikuti langkah berikut ya.

  1. Cuci rambut Anda menggunakan sampo dan kondisioner yang sudah biasa Anda pakai. Kemudian bilas rambut hingga bersih. Pastikan kulit kepala serta rambut bebas dari sisa sampo atau kondisioner.

Untuk melakukan pengujian ini, pilih waktu dimana Anda sedang tidak akan melakukan aktivitas berat yang dapat memicu produksi keringat berlebih pada rambut, supaya hasil yang didapatkan tidak berubah.

  1. Keringkan rambut Anda secara alami, yaitu dengan menggunakan handuk dan mengangin-anginkannya.

Hindari mengeringkan rambut menggunakan alat pengering rambut karena dapat mengubah reaksi rambut dalam jangka waktu tertentu.

Anda tidak perlu menggunakan produk apa pun pada rambut agar hasil pengujian nantinya tidak terpengaruh produk.

  1. Diamkan rambut Anda semalaman untuk memberikan waktu pada kulit kepala dan rambut memproduksi minyak.

Jangan memberi perlakuan apapun pada rambut selama sekitar 8-12 jam.

  1. Keesokan paginya rambut Anda siap untuk diuji. Tempel dan tekan kulit kepala Anda yang berada di bagian ubun-ubun menggunakan selembar tisu.

Tidak perlu menggosoknya, cukup menekankan tisu ke kulit kepala dengan hati-hati. Lakukan hal yang sama pada kulit kepala di bagian belakang telinga.

Nah sekarang lihat hasilnya:

  • Jika tisu menjadi basah karena ada sisa minyak yang menempel, maka rambut Anda merupakan jenis rambut berminyak.
  • Jika hanya terlihat sisa-sisa minyak tanpa membuat tisu menjadi basah, maka intensitas minyak yang ada pada rambut Anda terbilang sedang.
  • Jika tidak ada sisa minyak yang menempel pada tisu, maka rambut Anda merupakan jenis rambut kering.
  • Jika tidak ada sisa minyak yang menempel pada tisu dari satu titik/bagian kepala, tetapi dari titik/bagian lainnya terdapat banyak sisa minyak yang menempel, maka rambut Anda merupakan jenis rambut kombinasi.
Baca juga:  Manfaat dan Cara Melakukan Perawatan Wajah Alami

Cara Merawat Rambut yang Tepat

Setelah mengetahui jenis rambut yang Anda miliki, kini saatnya Anda mengetahui cara merawat rambut yang sesuai. Jangan lupa dicatat ya.

Cara Merawat Rambut yang Tepat
Cara Merawat Rambut yang Tepat | Source: http://www.readrad.com

1. Rambut Berminyak

Pemiliki jenis rambut ini akan mendapati rambutnya kusam, lemas, dan rata sehingga terlihat lepek dan berketombe. Karena banyaknya produksi minyak di kulit kepala membuat debu dan kotoran menjadi lebih mudah menempel.

Banyak tidaknya produksi minyak pada kulit kepala dipengaruhi oleh kadar hormon yang tinggi sehingga membuat kelenjar minyak terlalu aktif.

Adanya minyak pada kulit kepala dalam jumlah yang cukup akan membantu melindungi rambut agar tidak pecah-pecah dan terlalu kering.

Bagaimana cara perawatan rambut berminyak?

  • Keramaslah setiap hari supaya rambut selalu bersih. Saat keramas, diamkan rambut selama 3-5 menit, kemudian bilas sampai bersih.
  • Gunakan toner rambut untuk menghindari rambut bau.
  • Ketika menggunakan kondisioner, usapkan mulai di tengah rambut hingga ujung, jangan dari akar. Setelah itu pijat kulit kepala dengan lembut.
  • Untuk mengeringkan rambut, gunakan handuk yang benar-benar kering dan hindari alat pengering rambut yang terlalu panas.
  • Biasakan diri untuk tidak terlalu sering menyisir rambut karena akan membantu menyebarkan minyak ke seluruh rambut.

Untuk membantu mengurangi intensitas minyak pada kulit kepala, Anda bisa memijat kepala dan rambut dengan menggunakan 1 cangkir jus lemon.

Setelah itu bilas dengan air hangat dan lakukan dengan rutin seminggu sekali.

Selain perawatan dari luar, Anda juga dapat mengurangi produksi minyak di kepala dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan menghindari makanan yang mengandung banyak minyak.

2. Rambut Kering

Pewarnaan rambut maupun perlakuan lain seperti mengeriting dan meluruskan rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi kering.

Selain itu, terlalu sering keramas juga dapat membuat kadar minyak rambut berada di bawah normal dan rambut berkurang kelembabannya.

Rambut kering akan mudah kusut sehingga sulit disisir dan mudah patah. Seringkali rambut juga akan terlihat pecah-pecah dan tidak sehat.

Bagaimana cara perawatan rambut kering?

  • Keramas setiap 3-5 hari sekali, jangan setiap hari. Gunakan sampo dan lengkapi dengan kondisioner.
  • Untuk membantu meningkatkan kelembaban rambut, Anda dapat menggunakan masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah. Cukup ambil 2 sendok makan minyak zaitun dan madu, dan aduk hingga merata. Setelah masker siap, oleskan ke seluruh rambut, lalu bungkus menggunakan handuk hangat selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, sekitar 3-4 minggu sekali.
  • Jika ingin memberi perlakuan pada rambut kering, seperti pengecatan atau pengeritingan, jangan melakukannya dalam jarak waktu yang terlalu dekat.
Baca juga:  Mengenal Parfum dan Cara Menggunakannya dengan Benar

3. Rambut Kombinasi

Pemilik rambut jenis ini akan mendapati rambutnya berminyak di bagian yang dekat dengan kulit kepala, tetapi kering pada ujung rambut. Bagaimana cara merawat rambut kombinasi berminyak dan kering?

  • Saat keramas, sebisa mungkin hindari penggunaan air panas. Lebih baik gunakan air hangat dan pilih sampo untuk rambut normal.
  • Jangan berlebihan saat mengambil sampo, cukup gunakan sedikit atau separuh dari takarannya. Kemudian beri tekanan pada bagian akar dan biarkan busanya mengalir hingga ke ujung rambut.
  • Usapkan kondisioner pada batang atau bagian tengah rambut dan bukan pada akar. Pastikan untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih.

4. Rambut Normal

Anda yang memiliki jenis rambut normal, tidak perlu memberi perlakuan khusus pada rambut yang justru dapat berakibat sebaliknya.

Untuk menjaga kondisi rambut, cuci rambut dalam jangka waktu 2 hari sekali serta menggunakan conditioner secukupnya. Jangan terlalu sering melakukan pengeritingan atau pengecatan pada rambut.

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan pada Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan yang tidak sesuai dengan jenis rambut justru dapat merusak rambut.

Kebiasaan yang kita lakukan, mulai dari keramas, menggunakan kondisioner hingga cara menyisir rambut ternyata dapat mempengaruhi kondisi rambut.

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan pada Rambut
Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan pada Rambut | Source: http://www.huffingtonpost.com

Secara umum, kesalahan yang dilakukan dalam perawatan rambut (segala jenis rambut) dapat disimpulkan menjadi 5 poin seperti berikut.

1. Menyisir Rambut dari Akar

Beberapa dari kita pasti sering melakukan ini. Tanpa sadar menyisir rambut dimulai dari akar rambut ke bawah sampai ujung. Ternyata kebiasaan ini adalah salah satu penyebab rambut rontok karena diakibatkan tarikan dari sisir.

Nah, selanjutnya sisirlah rambut mulai dari ujung rambut untuk menguraikan rambut yang kusut, baru menyisir dari bagian tengah rambut.

2. Memakai Kondisioner Sampai Akar dan Kulit Kepala

Seperti yang sudah tercantum pada kemasan, kondisioner diusapkan mulai dari tengah rambut sampai ke ujung. Jika digunakan pada akar rambut dapat membuat rambut rapuh dan lebih mudah rontok.

3. Menggosok Rambut Terlalu Kencang Saat Keramas

Keramas bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari debu dan kotoran. Bukan berarti Anda harus menggosok kulit kepala dan rambut seperti bagaimana Anda mencuci baju.

Rambut yang basah akan mudah patah. Dengan menggosoknya terlalu kencang dapat membuat rambut pecah-pecah, rapuh dan rusak.

Disarankan penata rambut, untuk mencuci rambut dengan cara menuangkan sampo di telapak tangan lalu menepuk-nepuk kulit kepala.

Selanjutnya menggunakan jari untuk memberi pijatan ringan yang akan membersihkan kulit kepala, setelah itu bilas hingga bersih.

4. Menarik Ikat Rambut

Meskipun dengan mengikatnya rambut akan terlihat rapi, tetapi jika dilakukan terlalu sering dapat membuat rambut patah. Selain itu juga rambut menjadi lebih muda kusut.

Baca juga:  Jenis Bedak dan Cara Menyimpan yang Benar

5. Mencuci Rambut Terlalu Sering

Mencuci rambut terlalu sering akan membuat rambut lepek dan lemah. Jika Anda tidak tahan dengan minyak dan keringat yang ada pada rambut, gunakan dry shampoo atau bilas dengan air tanpa sampo.

Air akan membersihkan keringat dan minyak di kulit kepala sekaligus membantu melembabkan rambut.

Masker Alami untuk Rambut

Untuk melengkapi rangkaian perawatan rambut, sudah banyak disediakan produk-produk penunjang dengan beragam manfaat.

Masker Alami untuk Rambut
Masker Alami untuk Rambut | Source: http://www.thefitindian.com

Anda juga bisa membuat masker rambut kaya vitamin untuk diri sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Penasaran? Lanjutkan membaca ya.

  • Masker Telur Ayam

Dalam satu butir telur mengandung beragam mineral (kalsium, magnesium, kalium, zat besi) dan beberapa zat serta vitamin yang membantu menjaga kesehatan rambut seperti B12, Folat, dan Riboflavin.

Caranya: Siapkan satu butir telur ayam, pecahkan ke dalam wadah lalu kocok. Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu.

Masukkan juga satu buah pisang yang telah dihaluskan dan aduk hingga tercampur merata.

Oleskan masker tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dan cuci dengan sampo dan air bersih.

Dengan melakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu, rambut Anda akan nampak sehat, berkilau, tidak mudah rontok dan bebas ketombe. Ini adalalah satu cara mengatasi rambut rontok yang paling mudah Anda lakukan di rumah.

  • Masker Buah Pisang

Vitamin A dan C yang ada di dalam buah pisang bermanfaat untuk melembutkan rambut sehingga mudah diatur dan tidak kering.

Caranya: Siapkan setengah buah pisang yang telah dibuang kulitnya dan 200 ml air bersih. Tambahkan 3 sendok makan mayones, 2 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun, minyak kelapa dan jojoba oil.

Masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam blender hingga halus.

Usapkan masker yang sudah dibuat ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci rambut menggunakan sampo dan air bersih kemudian bilas.

Anda bisa melakukan perawatan ini 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

  • Masker Buah Alpukat

Kandungan Vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk menguatkan dan menghaluskan rambut secara alami.

Caranya: Siapkan setengah buah alpukat, buang biji dan kulitnya, lalu haluskan. Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa, minyak zaitun, dan 100 ml air.

Setelah tercampur rata, oleskan masker ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 25 menit. Lalu cuci rambut menggunakan sampo dan air bersih dan bilas hingga bersih.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba ya.

Cara Merawat Rambut dan Membuat Masker Alami
5 (100%) 1 vote
Published inKecantikan

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.