Skip to content

Manfaat dan Cara Melakukan Perawatan Wajah Alami

Memiliki wajah yang halus bebas jerawat adalah impian setiap orang, khususnya wanita. Tak segan-segan banyak uang dikeluarkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun kini, banyak alternatif yang bisa kita lakukan tanpa perlu menguras isi kantong, salah satunya dengan perawatan wajah alami.

Disebut perawatan alami karena bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan ini berasal dari tanaman yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Cara membuatnya pun mudah, tanpa bahan kimia. Penasaran apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Baca terus ya.

Daun Sirih, Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat

Daun yang tumbuh merambat ini khasiatnya sudah tak diragukan lagi. Daun sirih mengandung banyak zat-zat yang baik untuk tubuh seperti tiamin, riboflavin, asam nikotinat, vitamin C, tanin, gula, serta asam amino.

Daun Sirih, Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat
Daun Sirih, Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat | Source: http://www.loveurbelly.com

Biasanya daun sirih digunakan untuk menghentikan mimisan dan juga mengobati sakit mata. Ternyata tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan merawat wajah secara alami lho.

  • Menghaluskan wajah yang kasar. 

Melakukan perawatan kulit dengan daun sirih dipercaya mampu menghaluskan dan melembutkan kulit yang tadinya kasar.

Caranya: Anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih lalu menumbuknya hingga halus.

Selanjutnya, menambahkan satu sendok makan madu murni dan mengaduk-aduk hingga kedua bahan tersebut dapat tercampur dengan rata.

Campuran yang telah jadi kemudian dioleskan ke seluruh bagian wajah dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin. Usahakan melakukan perawatan ini dua kali seminggu ya.

  • Mencegah dan menghilangkan jerawat. 

Daun sirih memang diketahui memiliki kandungan antiseptik. Karena sifatnya yang dapat membunuh kuman, daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirih yang sudah dicucui bersih dengan 1 liter air. Jangan lupa tambahkan 2 sendok makan garam ke dalam rebusan dan biarkan hingga mendidih.

Anda tinggal menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh wajah setiap malam sebelum tidur. Pastikan airnya sudah dingin ya.

Dengan melakukan perawatan ini setiap hari maka jerawat di wajah Anda akan mengering dan kempis.

  • Mengatasi kulit berminyak. 

Dengan air rebusan daun sirih muda, Anda juga dapat mengatasi masalah kulit berminyak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirih muda yang sudah dicucui bersih dengan 1 liter air dan biarkan hingga mendidih.

Setelah air rebusan menjadi dingin atau hangat-hangat kuku, Anda tinggal gunakan untuk membasuh wajah setiap malam sebelum tidur.

  • Mencerahkan wajah yang kusam. 

Ternyata, air rebusan daun sirih muda tak hanya bisa untuk mengatasi kulit berminyak, tetapi sekaligus membantu mencerahkan kulit.

Baca juga:  Penyebab Kulit Kering dan Cara Merawatnya

Anda hanya perlu melakukan cara yang sama setiap hari secara teratur, dan lihat hasilnya setelah satu bulan perawatan.

Kentang, Mencegah Penuaan Dini

Sebagian dari kita mengenal kentang sebagai isian dalam sayur sop dan juga bahan dasar perkedel.

Kentang, Mencegah Penuaan Dini
Kentang, Mencegah Penuaan Dini | Source: http://blog.oxforddictionaries.com

Adanya kandungan vitamin A, B, dan C ditambah kalsium, fosfor, serta zat besi membuat kentang tak hanya menjadi sumber energi tetapi juga baik untuk perawatan wajah alami.

  • Mencegah Penuaan Dini

Vitamin B dan C yang ada di dalam kentang dapat membantu memelihara kekencangan kulit sehingga terlihat awet muda.

Dengan menggunakan kentang sebagai bahan perawatan, kerutan-kerutan di wajah akan berkurang ditambah kulit menjadi lebih halus dan cerah secara alami.

Caranya: Ambil kentang, kupas dan cuci bersih lalu potong-potong. Dengan menggunakan blender, haluskan potongan kentang tersebut dan gunakan sebagai masker.

Lakukan pijatan pada area wajah secara perlahan kemudian diamkan selama 30 menit.

  • Mengatasi Peradangan Jerawat

Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyembuhan kulit karena infeksi yang disebabkan oleh jerawat.

Selain vitamin, kentang juga mengandung mineral yang juga berperan sebagai antibiotik alami. Kandungan ini mampu mengatasi peradangan jerawat pada wajah.

Caranya: Ambil kentang, kupas dan cuci bersih lalu potong-potong. Dengan menggunakan blender, haluskan potongan kentang tersebut dan dinginkan di dalam lemari es. Jika sudah, gunakan untuk facial wajah.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Dengan menggunakan kentang sebagai scrub, selain dapat mengangkat sel kulit mati, kulit juga akan lebih bersih dan cerah.

Caranya: ambil satu / dua buah kentang, kupas, dan cuci bersih. Kemudian parut kentang untuk mendapatkan hasil yang agak kasar.

Parutan tersebut balurkan ke tubuh dan juga wajah. Gosok dengan lembut, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Menghilangkan Mata Panda

Banyak orang yang bermasalah dengan lingkaran hitam di bawah mata. Kantung mata yang muncul akibat kelelahan maupun kurang tidur tersebut mengganggu penampilan.

Dengan menggunakan kentang, maka masalah tersebut dapat terselesaikan.

Caranya: Ambil satu buah kentang berukuran sedang kemudian kupas dan cuci bersih. Setelah itu potong kentang tipis-tipis dan letakkan potongan tersebut di atas mata sebagai kompres.

Pastikan potongan tersebut dapat menutupi mata ya. Setelah dibiarkan beberapa menit, bilas mata Anda dan lingkaran hitam serta mata berkantung telah hilang.

  •  Menyamarkan Bintik Hitam

Bintik-bintik hitam pada wajah yang timbul akibat terlalu sering terpapar sinar matahari juga dapat mengganggu penampilan. Masker kentang dapat menjadi solusi mudah dan murah.

Usahakan melakukan perawatan ini secara rutin dan bintik-bintik hitam akan tersamarkan.

Masker kentang yang dibuat dapat dicampur dengan putih telur, madu, lemon maupun minyak zaitun.

Bahan-bahan yang dicampuran ke adonan masker akan memberikan tambahan manfaat yang lebih pada kulit wajah.

Baca juga:  Masalah pada Bibir dan Cara Mengatasinya

Lidah Buaya, Melembabkan Kulit

Lidah buaya sudah lama dikenal akan khasiatnya untuk merawat kesehatan rambut. Selain itu, tanaman ini juga enak dikonsumsi sebagai campuran dalam minuman.

Lidah Buaya, Melembabkan Kulit
Lidah Buaya, Melembabkan Kulit | Source: http://thelifestylecafe.com

Namun ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit tubuh dan wajah karena mengandung asam amino, vitamin, enzim, serta memiliki efek antimikroba dan inflamasi.

Anda dengan mudah dapat mengolah lidah buaya menjadi masker wajah alami.

Caranya : Ambil satu potong lidah buaya, cuci bersih, dan belah menjadi dua bagian. Pisahkan kulit dengan daging atau jelly yang terdapat pada bagian dalam lidah buaya menggunakan sendok.

Jelly yang telah dipisahkan tersebut kemudian dioleskan ke wajah dan didiamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih. Usahakan melakukan perawatan ini dua kali seminggu.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan masker lidah buaya diantaranya:

  •  Mengurangi Flek Hitam

Bagian daging lidah buaya yang bertekstur seperti jelly ini ampuh untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

  • Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Lidah buaya mengandung giberelin dan polisakarida yang berperan sebagai antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Kandungan tersebut juga dapat mengatasi kelebihan minyak, kotoran dan sel kulit mati pada wajah yang dapat menutup pori-pori dan menyebabkan infeksi bakteri serta menimbulkan jerawat.

Manfaat lain yang didapat adalah pertumbuhan sel kulit baru yang lebih cepat dan juga memulihkan sel kulit yang rusak.

  •  Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E, vitamin C, dan beta karoten adalah agen yang berperan sebagai antioksidan yang ada pada lidah buaya. Antioksidan tersebut dapat menjadikan kulit semakin sehat secara alami serta menjaganya dari dehidrasi.

Vitamin E dikenal baik untuk kesehatan kulit. Banyak sekali produk produk kecantikan yang menggunakan vitamin E sebagai kandungan penting.

Dengan rutin menggunakan lidah buaya, Anda dapat dengan mudah mencegah timbulnya garis-garis halus pada wajah dan kehilangan elastisitas kulit.

  • Mampu Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lidah buaya memiliki kandungan yang bersifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yang parah sekalipun.

Selain itu, asam salisilat juga ada di dalam lidah buaya. Senyawa ini dipercaya  dapat menghilangkan jerawat, komedo, whiteheads, serta menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Gel dari lidah buaya ini dapat mengencangkan wajah supaya jerawat tidak muncul karena pori-pori yang ikut kencang, sehingga mengurangi kemungkinan pori-pori terpapar kuman.

Seperti produk-produk alami pada umumnya, lidah buaya tidak akan langsung bereaksi untuk menghilangkan jerawat, tetapi menyembuhkan secara bertahap yakni diawali dengan mengurangi pembengkakan, peradangan, dan kemerahan.

  • Pelembab alami untuk wajah

Gel yang didapatkan dari daging lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembab wajah alami.

Baca juga:  Jenis Bedak dan Cara Menyimpan yang Benar

Jika Anda menggunakannya sebagai pelembab, kulit tidak akan terasa kering karena lidah buaya mampu menyegarkan, meremajakan, serta menghidrasi kulit.

Selain itu, kulit juga akan terlindungi dari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang dapat membakar kulit.

Pepaya, untuk Kulit Sensitif

Pepaya adalah buah yang seringkali dikonsumsi untuk melancarkan percenaan dan buang air besar. Ternyata, buah pepaya tak hanya segar di mulut, tetapi juga segar di wajah jika digunakan untuk masker wajah.

Pepaya, untuk Kulit Sensitif
Pepaya, untuk Kulit Sensitif | Source: http://www.doctoroz.com

Cara membuat masker wajah alami dari pepaya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pepaya dan bahan lain yang ingin anda tambahkan pada masker untuk memperkaya manfaat.

Misalnya susu, madu, atau yoghurt. Pertama, buang kulit dan biji pepaya, kemudian cuci bersih dan masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan.

Tambahkan bahan lain yang diinginkan, dan aduk hingga merata. Masker pepaya siap digunakan.

Mudah bukan? Masker pepaya ini memiliki manfaat diantaranya:

  • Membersihkan Wajah

Wajah yang kotor dan tidak dibersihakan dengan baik dapat menyisakan sel kulit mati. Pepaya memiliki enzim yang berguna sebagai anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri yang ada pada wajah.

  • Sebagai pemutih wajah

Pepaya yang dikombinasikan dengan lidah buaya ternyata dapat dijadikan obat pemutih wajah alami. Cara memutihkan wajah secara alami yaitu cukup gunakan campuran ini dengan rutin, maka kulit putih bersih akan menjadi milik Anda.

  • Masker untuk kulit sensitif

Anda yang memiliki kulit sensitif mungkin merasa kesulitan untuk menggunakan produk pasaran. Pepaya dapat menjadi solusinya. Anda hanya perlu membuat masker pepaya yang dicampur dengan lemon.

Masker ini akan cocok untuk anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

  • Mencerahkan dan Mengurangi Noda Hitam

Kulit kusam ditambah noda hitam pada wajah akan sangat mengganggu penampilan. Pepaya dapat menyelesaian masalah ini dengan mencampurkan  pepaya dengan susu atau madu.

Gunakan campuran ini sebagai masker, maka noda hitam pada kulit wajah akan berangsur-angsur menghilang.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda perlu memahami cara menggunakan masker ini dengan benar. Pertama, tentu membersihkan wajah dengan membilasnya menggunakan air bersih dan sabun.

Lalu, oleskan masker pepaya ke wajah secara merata dengan posisi berbaring supaya masker tidak menetes. Setelah itu pijat wajah secara perlahan untuk relaksasi sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Diamkan masker selama 15-20 menit atau sampai masker pepaya mengering. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat lalu ulangi dengan air dingin supaya pori-pori wajah tertutup.

Terakhir keringkan wajah secara perlahan tanpa menggosok agar tidak menimbulkan iritasi.

 Semoga bermanfaat.

Manfaat dan Cara Melakukan Perawatan Wajah Alami
5 (100%) 1 vote
Published inKecantikan

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.